Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Mutiara Duri
Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Mutiara
Uji Coba Persiapan Ujian Nasional Bidang Studi Bahasa Indonesia
Tahun Pelajaran 2010/2011
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal 1 s.d. 3!
(1)Ibadurrahman berjalan di atas bumi dengan sangat enteng dan ringan, tidak dibuat-buat, tidak sombong, ataupun melengos. (2)Mereka tidak berjalan dengan sangat cepat yang menunjukkan sikap suka meremehkan dan kasar, juga tidak berjalan dengan sangat pelan yang menunjukkan sifat malas dan kumal. (3)Akan tetapi, mereka berjalan dengan ringan, penuh dengan semangat, tekad, dan jiwa muda. (4)Mereka mengetahui betul wasiat Luqman kepada anaknya sebagaimana diinformasikan Rabbnya, artinya, “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan,” (Q.s. Luqman: 19). (5)Mereka lakukan dengan tekad yang kuat untuk mengubah diri dan umat menjadi lebih baik pada hari esok. (6)Mereka mendengar firman Allah subhanahuwata’ala, artinya, “Dan
janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.”
janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.”
1. Ide pokok paragraf di atas adalah… .
A. Ibadurrahman berjalan di atas bumi
dengan enteng dan ringan.
B. Ibadurrahman berjalan dengan cepat,
tidak meremehkan.
C. Bersikap sederhanalah dalam segala
perbuatan dan berjalan.
D. Dalam segala urusan tidak berlebihan
atau sedang-sedang saja.
E. Tidak ada manusia yang sanggup
menembus bumi atau setinggi
gunung.
2. Kalimat utama paragraf di atas adalah
kalimat nomor… .
A. (1) C. (2) E. (3)
B. (4) D. (5)
3. Kalimat tidak padu dalam paragraf di atas
adalah kalimat nomor… .
A. (2) C. (3) E. (4) B. (5) D. (6)
“Sewaktu masih kecil, saya pernah datang ke TIM untuk ngamen. Dua puluh tahun kemudian saya datang lagi untuk menjadi Anggota Dewan Kesenian Jakarta,” tutur Helvy Tiana Rosa. Menulis telah mengubah hidupnya lebih daripada yang ia bayangkan. Saat menjadi pemimpin redaksi majalah Annida, era 1999—2001, hobi mengamennya tak
kunjung sembuh jua. ”Saya ngamen jualan majalah Annida di bus dalam perjalanan pulang dari Rawamangun ke Depok. Sambil bawa majalah, saya memperkenalkan diri kalau saya Pemred Annida. Tentu saja orang tidak percaya, tapi majalahnya laku,” katanya.
Mengapa sampai tega ”menggadaikan harga diri” Pemred dengan mengamen? ”Daripada bengong di bus,” katanya. Pendiri dan Ketua Majelis Penulis Forum Lingkar Pena (FLP) ini memang mendedikasikan hidupnya untuk menulis. Sejak 1996 hingga sekarang lebih dari empat puluh bukunya telah diterbitkan. Helvy mau berbagi pengetahuannya untuk menulis. Pena Helvy menebar virus menulis kepada banyak orang.
4. Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam penggalan biografi di atas adalah… .
A. Menulis telah mengubah hidupnya.
B. Di eranya majalah Annida mencapai
ketenarannya.
C. Menjadi anggota Dewan Kesenian
Jakarta.
D. Tega menggadaikan diri dengan
mengamen.
E. Mau berbagi pengetahuan menulis.
Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 5 s.d. 7!
(1)Sebagian besar produsen perfilman Amerika (Holywood, ed.) adalah Yahudi. (2)Mereka yakin dengan mencekoki film mereka tersebut, pandangan umat manusia dapat dengan mudah diubah untuk kepentingan cita-cita zionis. (3)Diantara produser beserta perusahaannya yang terkenal antara lain Paramount Cooperation milik Hod Dixon serta Warner and Brook Cooperation milik Henry Warner. (4)Nuansa kegiatan di Holywood mencerminkan kehidupan kaum Yahudi yang sangat bebas, penuh dengan materi yang gemerlapan. (5)Para bintang film yang mampu menaiki tangga teratas dan populer harus mendapatkan dukungan dan berkenalan dengan jaringan sponsor Yahudi. (6)Para bintang film Yahudi terkenal antara lain: Tonny Curtis, Jack Nicholson, Gary Grant, Barbara Streissand, Elizabeth Taylor, Jerry Lewis; dan sebagainya.
Industri film sebagai bagian dari penguasa media harus dikemas dan dikembangkan secara unggul dalam rangka membangun pendapat publik, kesan, dan impresi yang mendalam akan keunggulan kaum Yahudi, Amerika, dan dunia Barat. Dunia film yang ditayangkan melalui televisi merupakan alat yang paling ampuh untuk menanamkan kepatuhan dan jiwa budak umat manusia. Dengan berhasilnya kampanye yang ditayangkan melalui film, televisi, radio, dan media massa lainnya, umat manusia dapat dikendalikan dari meja kerja pimpinan kaum Iluminasi (sekte kestrem Yahudi). Melalui para ahli psikologi massa serta ahli komunikasi, kaum Iluminasi sangat yakin bahwa keunggulan dalam rekayasa bidang teknologi komunikasi dan informasi, serta penguasaan keseluruhan bidang-bidang tersebut akan menjadikan diri mereka menjadi penguasa dunia yang tidak dapat digugat sampai akhir zaman.
Industri film sebagai bagian dari penguasa media harus dikemas dan dikembangkan secara unggul dalam rangka membangun pendapat publik, kesan, dan impresi yang mendalam akan keunggulan kaum Yahudi, Amerika, dan dunia Barat. Dunia film yang ditayangkan melalui televisi merupakan alat yang paling ampuh untuk menanamkan kepatuhan dan jiwa budak umat manusia. Dengan berhasilnya kampanye yang ditayangkan melalui film, televisi, radio, dan media massa lainnya, umat manusia dapat dikendalikan dari meja kerja pimpinan kaum Iluminasi (sekte kestrem Yahudi). Melalui para ahli psikologi massa serta ahli komunikasi, kaum Iluminasi sangat yakin bahwa keunggulan dalam rekayasa bidang teknologi komunikasi dan informasi, serta penguasaan keseluruhan bidang-bidang tersebut akan menjadikan diri mereka menjadi penguasa dunia yang tidak dapat digugat sampai akhir zaman.
5. Bagaimana cara membangun opini, kesan, dan impresi yang mendalam akan keunggulan Yahudi, Amerika, dan dunia Barat?
A. Hollywood mencerminkan kehidupan Yahudi yang bebas dan gemerlapan.
B. Kampanye masal melalui televisi, film, radio, dan media massa lainnya.
C. Melalui buku-buku para ahli psikologi massa dan ahli komunikasi.
D. Industri film harus dikemas dan dikembangkan dengan unggul.
E. Rekayasa di bidang teknologi komunikasi dan informasi.
6. Fakta pada paragraf pertama adalah kalimat nomor… .
A. (1) dan (2) D. (3) dan (6)
B. (3) dan (4) E. (1) dan (5)
C. (5) dan (6)
7. Arti kata produser pada kalimat ketiga paragraf pertama adalah… .
A. pembuat film D. penerbit film
B. pengarang film E. pencetak film
C. pengusaha film
8. Simpulan paragraf kedua dari bacaan di atas adalah… .
A. Industri film harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai cita-cita kaum Yahudi.
B. Film adalah alat paling ampuh untuk mempengaruhi manusia untuk patuh pada Yahudi.
C. Televisi, radio, dan media massa lainnya adalah alat kampanye kaum Iluminasi.
D. Kaum Yahudi ingin menguasai dunia hingga akhir zaman melalui rekayasa bidang komunikasi.
E. Industri film dapat dipergunakan untuk memperbudak jiwa umat manusia.
(1)Pihak yang tidak setuju dengan Ujian Nasional (UN) memberikan cukup banyak alasan. (2)UN telah berubah menjadi proyek. (3)UN menjadi sumber uang bagi orang-orang tertentu yang pandai bermain. (4)UN sama sekali tidak efektif untuk mengukur kemampuan siswa. (5)Buktinya, siswa yang malas dan ogah-ogahan belajar malah lulus dengan nilai memuaskan. (6)Sebaliknya, siswa yang rajin dan pintar tidak lulus. (7)UN juga dipenuhi segudang penyimpangan, mulai dari jimat, menyontek, sms, beli soal, danl ain-lain. (8)Dengan berbagai kekurangannya ini bagaimana bisa UN itu dijadikan alat ukur keberhasilan siswa belajar selama tiga tahun di bangku sekolah menengah. (9)Lagi pula, bagaimana bisa kita menyamakan kemampuan siswa dari berbagai daerah, provinsi, dengan kondisi daerah dan latar belakang mereka yang sangat berbeda.
(10)Selain berbagai kekurangannya itu sebenarnya UN juga punya banyak kelebihan, di antaranya adalah pemerintah mempunyai alat ukur untuk mengukur peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. (11)Akhirnya, langkah terbaik yang diambil adalah menekan semua kekurangan dalam pelaksanaan UN tersebut. (12)Pemerintah harus benar-benar mengawasi pelaksanaan UN sampai tingkat paling bawah, yaitu sekolah. (13)Pastikan UN terlaksana dengan tertib, jujur, dan berkualitas. (14)Memperbaiki pelaksanaan UN adalah lebih baik daripada menghilangkannya.
9. Opini tajuk rencana di atas adalah kalimat nomor… .
A. (1), (2), (3) D. (10), (11), (12)
B. (4), (5), (6) E. (11), (12, (13)
C. (7), (8), (9)
Cermatilah tabel berikut untuk nomor 10 dan 11!
Nilai Rata-Rata Ujian Nasional Bidang Studi Bahasa Indonesia SMA IT IBRAHIM
Tahun Ajaran 2005—2009
No. | Tahun | Kelas IPA | Kelas IPS | ||
Putra | Putri | Putra | Putri | ||
1. | 2005 | 76 | 80 | 70 | 70 |
2. | 2006 | 80 | 79 | 65 | 70 |
3. | 2007 | 78 | 78 | 67 | 75 |
4. | 2008 | 69 | 85 | 67 | 78 |
5. | 2009 | 82 | 70 | 69 | 80 |
10. Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah… .
A. Nilai tertinggi adalah nilai kelas IPA Putra tahun 2009.
B. Nilai terendah adalah nilai kelas IPS Putri tahun 2008.
C. Tahun 2006 nilai kelas IPA Putra sama dengan nilai kelas IPS Putra.
D. Total nilai kelas IPS Putra lebih tinggi daripada total nilai kelas IPS Putri.
E. Tahun 2007 nilai kelas IPA Putra sama dengan nilai kelas IPA Putri.
11. Simpulan yang tepat untuk tabel di atas adalah… .
A. Nilai setiap kelas selalu berubah setiap tahun.
B. Nilai selalu naik setiap tahun.
C. Nilai selalu turun setiap tahun.
D. Terjadi kenaikan yang stabil di setiap kelas.
E. Secara umum terjadi fluktuasi nilai tiap tahun.
Pada suatu ketika ada seorang pemuda yang bernama Hang Tuah, anak Hang Mahmud. Mereka bertempat tinggal di Sungai Duyung. Pada saat itu, semua orang di Sungai Duyung mendengar kabar teng Raja Bintan yang baik dan sopan kepada semua rakyatnya. Ketika Hang Mahmud mendengar kabar itu, Hang Mahmud berkata kepada istrinya yang bernama Dang Merdu,”Ayo kita pergi ke Bintan, negeri yang besar itu, apalagi kita ini orang yang yang miskin. Lebih baik kita pergi ke Bintan agar lebih mudah mencari pekerjaan.” Lalu pada malam harinya Hang Mahmud bermimpi bulan turun dari langit. Cahayanya penuh di atas kepala Hang Tuah. Hang Mahmud pun terbangun dan mengangkat anaknya serta menciumnya. Seluruh tubuh Hang Tuah berbau seperti wangi-wangian. Siang harinya, Hang Mahmud pun menceritakan mimpinya kepada istri dan anaknya. Setelah mendengar kata suaminya, Dang Merdu pun langsung memandikan dan melulurkan anaknya.
12. Isi hikayat Melayu Klasik di atas adalah… .
A. Hang Tuah dan kedua orang tuanya.
B. Rencana dan mimpi Hang Mahmud.
C. Keluarbiasaan Hang Tuah kelak.
D. Keluarga Hang Tuah merantau.
E. Dang Merdu melulurkan anaknya.
Kutatap wajahnya lekat-lekat. “Kauyakin?”
“Ya, aku dengar sendiri.”
“Dengar dari siapa”
“Dari Komandan Aksi Syahid.”
Tidak mudah untuk terpilih melakukan aksi bom syahid. Yang terpilih benar-benar orang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Tidak boleh kurang. Semua kriteria harus terpenuhi, seperti pemahaman keislaman yang cukup tinggi, hafal Quran, dan telah teruji keberaniannya di berbagai medan pertempuran. Aku dan Ja’far telah lama mengajukan permintaan untuk bisa masuk ke dalam brigade aksi bom syahid. Target yang benar-benar ingin aku hancurkan adalah gudang senjata Israel di Ramalah. Tak ada yang lebih aku inginkan dari dunia ini selain mati sebagai syuhada.
13. Watak tokoh aku dalam penggalan cerita di atas adalah… .
A. tidak mudah percaya
B. pemberani
C. teguh iman
D. sabar
E. bosan hidup
14. Sudut pandang penggalan cerita di atas adalah… .
A. orang ketiga pelaku utama
B. orang pertama pelaku utama
C. orang pertama pelaku sampingan
D. orang ketiga serbatahu
E. orang ketiga terarah
15. Pendeskripsian watak tokoh cerita
dengan cara… .
A. penceritaan langsung
B. ucapan tokoh
C. fisik tokoh
D. perbuatan tokoh
E. pikiran tokoh
16. Nilai moral yang tepat berdasarkan penggalan cerita di atas adalah… .
A. rela berkorban untuk kemerdekaan tanah air
B. pantang menyerah menghadapi musuh
C. berani menghadapi tantangan yang sulit
D. rela mati untuk mencapai cita-cita
E. bersaing untuk menjadi yang terbaik
Ahim : “Aku letih… .” (terduduk lemas)
Abiq : “Sudah saatnya kauberhenti.”
Ahim : (Langsung berdiri tegak dan berbicara
penuh semangat, setengah berteriak)
“Apa? Berhenti? Aku takkan pernah berhenti. Cita-citaku masih jauh. Aku akan kejar cita-citaku. Aku harus
meraih cita-citaku. Aku tidak akan berhenti. Aku tidak akan berhenti!”
Abiq : “Tapi, tubuhmu itu butuh istirahat. Pikiranmu itu butuh penyegaran. Bukan cita-citamu yang akan kauraih, kauakan jadi orang gila.” (Berbicara datar dengan nada yang wajar)
Ahim : “Ha..ha..haa… .” (Tertawa terbahak-bahak sambil memegangi perut, sambil berguling-guling di lantai)
Abiq : “Kausering berlebih-lebihan. Kauharus belajar harmoni kehidupan. Keindahan hidup itu ada pada kesederhanaan. Sederhanalah dalam banyak hal. Termasuk dalam tertawa. Untuk apa kaubegitu menggebu-gebu dengan dunia ini, sesuatu yang pasti sirna dan rendah nilainya. Lebih baik kaugantungkan cita-citamu pada sesuatu yang jauh lebih tinggi nilainya dan kekal, yaitu kehidupan akhirat.”
Ahim : (Berhenti tertawa, lalu duduk sambil mengangguk-anggukkan kepalanya) “Ya Pak Ustad, Pak Filsuf, Pak Sufi.”
17. Masalah yang diungkapkan dalam drama di atas adalah… .
A. Gantungkan cita-cita setinggi langit.
B. Berusaha keraslah menggapai cita-cita.
C. Sederhanalah dalam hidup.
D. Jangan berlebih-lebihan bercita-cita.
E. Istirahatlah ketika keletihan datang.
18. Amanat yang terdapat dalam kutipan drama di atas adalah… .
A. Cita-cita tertinggi adalah cita-cita pada kehidupan akhirat.
B. Kehidupan dunia dan perhiasannya tiada berguna.
C. Kurang istirahat dapat menyebabkan gila.
D. Cita-cita harus dikejar dengan kerja keras tiada mengenal lelah.
E. Kita harus menghormati nasihat kepada kebaikan.
19. Barang siapa meninggalkan sembahyang,
seperti rumah tiada bertiang.
Maksud gurindam di atas adalah… .
A. Salat ibarat rumah dan tiang, keduanya saling membutuhkan.
B. Orang yang tak salat maka runtuhlah agama pada dirinya.
C. Meninggalkan salat membuat jiwa manusia rusak.
D. Salat itu sama dengan tiang yang ada pada bangunan atau rumah.
E. Salat itu penting seperti pentingnya tiang pada rumah.
Kutulis senandung cinta untukmu Rosul junjungan
Mutiara semesta alam
Pelepas rasa hati dengan kerinduan
Kutulis dengan penuh harapan
Antara cinta, rindu, dan ketidaktahuan
Apa ada pengharapan selain syafaat yaumil kiyamat
Bernilaikah air mata kerinduan
Saat dada buncah inginkan perjumpaan
Pengandaian yang meninggi dari kerendahan hati dan jiwa
Andai aku Abu Bakar, sang sahabat setia
Andai aku Bilal, sang pengikut setia
Andai aku Umar, sang Pembela
Andai aku Ali, sang perkasa
Aku bukan siapa-siapa
Aku hanya sang pemuja, sang pecinta
Perindu yang belum tahu apa
Berhargakah air mata kerinduan
Dalam diri penuh dosa, awam, bukan siapa
Biar kuberi semua air mata
Biar kuberi semua kerinduan
Biar kuserah segala asa
Untuk yakinkan sang kekasih akan cinta tak tertahan
20. Makna kata mutiara dalam puisi di atas adalah… .
A. yang paling indah
B. yang jadi pilihan
C. yang selalu bercahaya
D. yang paling diakui
E. yang tersimpan baik
21. Maksud puisi di atas adalah… .
A. puja-puji kepada Rosulullah
B. pujian kepada sahabat Rosulullah
C. kerinduan kepada Rosulullah
D. minta syafaat di yaumilkiyamah
E. diri yang tiada berarti
Buya Hamka telah menggabungkan ilmu para ulama dengan keindahan berbahasa para sastrawan. Beliaulah satu-satunya ulama dari dahulu hingga hari ini yang mengarang novel. Novel Buya disenangi pembaca. Di dalamnya ada hiburan dan nasihat-nasihat kehidupan. Sebenarnya, banyak tanggapan miring tentang Buya yang mengarang novel. Suatu yang sangat asing seorang ulama mengarang novel. Hal ini tidak menyurutkan langkah Buya Hamka. Jiwa sastra mengalir deras dalam darah beliau berpadu dengan darah ulama. Terciptalah suatu perpaduan yang unik yang masih sulit ditemukan hingga hari ini.
22. Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai di atas adalah… .
A. Buya Hamka satu-satunya ulama yang mengarang novel.
B. Buya Hamka menggabungkan ilmu ulama dan sastrawan.
C. Sangat asing seorang ulama mengarang novel.
D. Belum ada ulama seperti Buya Hamka hingga hari ini.
E. Banyak tanggapan miring mengenai novel Buya Hamka.
Bu, ampuni dosa-dosa anakmu. Relakan air susu yang telah kuminum; relakan nasi yang telah kumakan; relakan jerih payahmu membesarkan dan mendidikku. Hingga hari ini masih belum kumampu memberimu bahagia. Tak sedikit jua jasamu kubalas.
… kuliah, kupergi jauh darimu. Seakan kulupa dirimu untuk mengejar seluruh impianku. Ketika kutelah dewasa dan bekerja, kutinggal dirimu dalam kesendirian melewati hari-hari masa tua. Aku sibuk mengejar dunia … angan-angan yang tak berujung. Nun jauh di sana dirimu dalam sepi sendiri, hingga akhirnya malaikat Maut menjemputmu. Ampuni anakmu yang tak berbakti. … air mata penyesalan ini bisa menembus batas ruang dan waktu. Bu, hari ini kubersimpuh di depan nisanmu mengenang cinta kasih sayang yang manis, hangat, dan melimpah di masa kecilku dulu. Ya Allah, sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil. Allahummaghfirli waliwalidaiya warhamhuma kama robbayani soghiiro.
23. Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dari kalimat dalam paragraf di atas adalah… .
A. ketika, dan, andai
B. ketika, dan, seperti
C. ketika, ketika, dan
D. bahkan, atau, jika
E. jika, dan, bagai
… Rasulullah sollallâhu 'alaihi wasallam, "Bila salah seorang diantara kamu memakai sandal, maka hendaklah dia memulainya dengan kaki kanan dan bila dia melepasnya, maka hendaklah dia memulainya dengan kaki kiri. Jadikanlah kaki kanan yang pertama dari keduanya dipakai dan yang terakhir dari keduanya yang dilepas (dicopot)." (HR.Bukhari)
Tak pernah ada di muka bumi agama yang begitu detail menuntun pemeluknya selain Islam. Seperti hadis di atas, Rosulullah solallaahu’alaihi wasallam mengajari kita bagaimana etika memakai sandal yang diridai Allah subhanahuwata’ala. Islam itu sempurna, indah, dan tak tertandingi. Islam tidak bertentangan dengan … . Semakin tinggi … seseorang makin sempurna imannya.
24. Kata serapan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada kalimat-kalimat dalam paragraf dia atas adalah… .
A. A. kata, rasio, ilmu
B. B. sabda, ilmu, rasio
C. C. titah, otak, jiwa
D. D. perintah, pikiran, kedudukan
E. E. sabda, rasio, ilmu
Margarita adalah model gadis beridentitas multinasional. Latar belakangnya gado-gado: asli Cina, lahir di Amerika Latin, tumbuh besar di Chinatown di New York, Amerika. Usianya 29 tahun. Margarita fasih berbahasa Cina, Spanyol, dan Inggris. Secara agama, orang tuanya beragama Cina kuno, tapi dia sendiri pernah dibaptis. Margarita bekerja sebagai … perusahaan real estate di kota New York. Sebuah … yang menjadi kebanggaan banyak orang. Kelincahannya dalam bergaul dan kemahirannya dalam tiga bahasa besar di kota New York menjadikannya laku berat. Dia menggenggam ijazah Master dari New York City University dalam bidang real estate business. Sejak dua tahun silam, buku-buku tentang Islam dilahapnya. Ia juga berkali-kali ikut berpuasa Ramadan untuk merasakan langsung pengalaman ruhiyah orang-orang yang berpuasa. Menurut pengakuannya, saat-saat menunggu waktu berbuka bersama teman-teman kampusnya adalah masa-masa terindah dalam hidupnya selama 29 tahun. Dia pun sangat … . Semua hal dipertanyakan dan tidak jarang duduk berjam-jam mendiskusikan hal yang sama. Alhamdulillah, disaksikan oleh ribuan jamaah, Margarita diiringi oleh linangan airmata berikrar, “Asyhadu an laa ilaaha illa Allah wa asyhadu anna Muhammadar Rasul Allah,” disambut dengan pekikan takbir berkali-kali oleh para hadirin.
25. Kata baku yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A. agen, profesi, kritis
B. agent, propesi, kritik
C. manajer, etika, taat
D. bos, profesi, egois
E. agen, provesi, kritis
Seorang wanita yang matang … kebutuhannya terhadap lawan jenis sebagai teman hidup dengan cara-cara yang dewasa dan mempersiapkan diri baik-baik untuk menyambutnya, jauh-jauh hari sebelumnya. … terhadap teman hidup yang membantunya bertakwa kepada Allah, ditunjukkan dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk menata hati dan tujuan. Sementara itu, wanita yang belum matang orientasi hidupnya lebih banyak … melalui bentuk-bentuk lahiriah. Kurang matangnya kondisi psikis, membuat ia kurang memercayai daya tarik psikis. Apalagi ikatan-ikatan yang lebih bersifat ideologis atau menyentuh kedalaman aqidah. Ia akan lebih memercayai daya tarik badaniah. Bahkan, pada taraf ini pun ia sering mengalami keraguan, sehingga
memilih kosmetik untuk membuatnya lebih menarik.
26. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A. menunjukkan, keinginan, mengetahui
B. memperbaiki, pencarian, menolong
C. mengekspresikan, kerinduan, menunjukkannya
D. mengetahui, pengetahuan, mengilmui
E. menarik, memesona, mencari
Ahmed tak takut mati. Matanya tajam, tapi sayu. Ada cerita duka tentang pembunuhan seluruh anggota keluarganya oleh tentara Zionis dalam mata itu. … . Kepala dan seluruh wajahnya ditutupi kain bermotif kotak hitam putih.
27. Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah… .
A. Seluruh hidupnya telah ia serahkan pada perjuangan pembebasan Palestina.
B. Tangannya menggenggam erat AK-107 Rusia.
C. Perjuangan melawan zionis meminta pengorbanan.
D. Israel telah menyerang secara membabibuta.
E. Seluruh kekuatan akan dikerahkahkan untuk melawan zionis.
Jalan mendaki … . Menjelang puncak pendakian, jalan berbelok. Setelah belokan itulah terhampar panorama alam yang … .
Sawah kuning berkilau diterpa sinar matahari. Sungai melingkar seperti ular. Bukit hijau dipenuhi pohon ara yang meliuk-liuk menari seirama. … lagi bila kita berdiri di puncak bukit lalu memandang ke bawah.
28. Frasa adjektiva yang tepat untuk mengisi kalimat-kalimat rumpang dalam paragraf di atas adalah… .
A. sangat tinggi, amat indah, paling indah
B. kurang curam, sangat indah, terlalu indah
C. sangat terjal, indah sekali, indah sekali
D. sangat terjal, sangat indah, lebih elok
E. sangat tegak, sangat indah, lebih curam
Pisang memiliki buah yang rasanya sangat nikmat dan penuh gizi. Pisang tidak akan mati sebelum berbuah. Ditebas batangnya, batang itu akan tumbuh lagi. Semua bagian dari pisang, selain buah, bisa dimanfaatkan. Demikianlah orang yang beriman dan teguh dalam keimanannya. Imannya akan mengarahkan dirinya untuk berbuat sesuatu yang membawa kemanfaatan kepada orang lain. Halangan dan rintangan dalam melakukan kebaikan itu tidak mematahkan semangatnya. … .
29. Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf analogi di atas adalah… .
A. Orang beriman hidupnya penuh kemanfaatan bagi orang lain laksana pohon pisang.
B. Pohon pisang memberi banyak manfaat bagi manusia di mana pun.
C. Kemanfaatan pohon pisang harus ditiru manusia dalam hidup bermasyarakat.
D. Kehidupan manusia harus banyak memberi kemanfaatan kepada manusia lain.
E. Tetaplah teguh berbuat kebaikan walaupun menghadapi banyak rintangan.
Minat remaja kepada internet teramat besar. Kondisinya malah lebih cenderung negatif daripada positif. Remaja menghabiskan waktunya di depan layar komputer. Ini menjadikan mereka remaja yang pasif. Tidak sampai di situ, niat mereka berinternet sangat perlu dipertanyakan. Dugaan paling kuat adalah mereka bukan belajar atau kegiatan positif lainnya. Mereka berinternet untuk main game atau mencari hiburan yang merusak. Internet dipenuhi pornografi dalam tingkat yang sangat mengerikan. … .
30. Kalimat simpulan yang tepat untuk paragraf generalisasi di atas adalah… .
A. Internet telah menimbulkan kerusakan yang besar di kalangan remaja.
B. Internet menimbulkan banyak dampak kepada remaja.
C. Remaja harus dijauhkan dari internet untuk menyelematkan mereka.
D. Remaja yang aktif menggunakan internet akan terpengaruh.
E. Penggunaan internet harus dihentikan di kalangan remaja.
Tiga tahun masa belajar di SMA bukan waktu yang singkat. Seorang pelajar semestinya menggunakan masa ini dengan sebaik-baiknya. Ia harus belajar mati-matian. Ia harus berusaha aktif dalam berbagai kegiatan sebagai bekal hidup bermasyarakat. Ia harus mencari segala peluang yang bisa melejitkan potensi dirinya. … .
31. Kalimat yang merupakan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah… .
A. Kalau ini yang ia lakukan, pelajar tersebut akan akan sukses dalam belajar.
B. Semua hal itu akan membuat seorang pelajar lulus dalam ujian nasional dengan nilai terbaik .
C. Pelajar harus memperhatikan seluruh kegiatan yang ia lakukan untuk kemudian diarahkan.
D. Kegiatan ekstra di sekolah akan sangat membantu kemampuan siswa dalam bersosialisasi di masyarakat.
E. Pihak sekolah harus terus mendorong siswa agar giat menggali potensi dirinya dengan maksimal.
PK : Orang yang mengharap kebahagiaan di
akhirat selalu menjaga solatnya.
PU : Imran senantiasa menjaga solatnya.
S : … .
32. Simpulan yang tepat untuk silogisme di atas adalah… .
A. Imran sangat berharap akan surga.
B. Imran mengharap kebahagiaan di akhirat.
C. Imran senantiasa berbahagia.
D. Kebahagiaan Imran ada pada harapannya.
E. Kebahagiaan akhirat ada pada solat.
Malam gelap gulita. … . Air mata terus mengalir. Aku menangisi ketidakjelasan nasibku. Apakah aku penghuni surga atau neraka. Kulihat amalanku, sungguh tak pantas aku masuk surga. Dengan amalan yang tak berkualitas, apakah bisa aku berharap surga. Semudah itukah masuk surga. Semurah itukah harga surga yang penuh kenikmatan tiada tara. Kadang aku lalaikan solat hanya karena suatu hal yang tak bernilai apa. Mungkin saja esok hari kematianku dan aku banyak membawa dosa.
33. Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragraf narasi di atas adalah… .
A. Suara malam mengisi hatiku yang sunyi.
B. Aku dilanda kebimbangan luar biasa.
C. Tumpukan masalah memenuhi kepalaku.
D. Seluruh asa telah aku kerahkan.
E. Aku duduk bersimpuh di atas sajadah.
(1) Para Ilmuwan percaya bahwa Bumi memiliki inti besi dengan suhu 7.500oC (13.500oF).
(2) Namun karena kamu tidak pernah merasakan sedikit pun panas yang luar biasa itu, kamu dapat duduk tenang di kelas sambil mendengarkan gurumu, atau terlelap di tempat tidurmu.
(3) Allah sangat sayang pada kita karena Allah telah menciptakan kerak bumi yang cukup tebal untuk menjaga kita dari panas bumi secara langsung.
(4)Suhu ini bahkan lebih panas daripada permukaan matahari.
(5) Kerak bumi melindungi kita dari panas itu.
34. Susunan kalimat di atas yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah… .
A. (1), (2), (4), (5), (3)
B. (1), (2), (4), (3), (5)
C. (2), (1), (3), (5), (4)
D. (5), (2), (1), (3), (4)
E. (1), (4), (2), (5), (3)
Kapan lagi, kapan lagi diri-diri kita akan berubah. Waktu terus berlalu sedang diri kita begitu dan terus begitu. Malah makin tidak baik. … . Kita tingkatkan ilmu kita. Kita tingkatkan iman kita. Kita jadikan diri kita terampil menghadapi masalah, terampil berkarya.
35. Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah… .
A. Mari kita tingkatkan diri kita.
B. Mari mengubah apa yang ada.
C. Ayo kita mulai perubahan itu.
D. Mari terus melangkah maju.
E. Hendaklah kita bergerak terus.
36. Topik : Menanamkan kejujuran pada
siswa
Kalimat latar belakang yang tepat untuk topik karya tulis di atas adalah… .
A. Siswa selalu menyontek saat ujian.