SKL
2012
BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS)
Membaca
Memahami isi dan
bagian-bagian
paragraf suatu artikel
teks nonsastra, tajuk
rencana, laporan, karya
ilmiah, teks pidato,
biografi tokoh, serta
berbagai bentuk dan
jenis paragraf nonteks;
memahami teks sastra
berbentuk puisi lama,
puisi baru,
hikayat/sastra Melayu
klasik, cerpen, novel,
dan drama.
1. Menentukan unsur-unsur paragraf, ide
pokok, kalimat utama,
kalimat penjelas.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat
menentukan:
- ide pokok paragraf
- kalimat utama
paragraf
- kalimat penjelas
yang sesuai (padu) atau tidak sesuai (tidak
padu) dengan isi paragraf
2. Menentukan isi paragraf: fakta, opini,
pernyataan/jawaban
pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti
kata/istilah, isi biografi.
Disajikan siswa dapat menentukan:
- pernyataan berupa fakta/opini,
- pernyataan sesuai isi dengan isi paragraf
- jawaban pertanyaan sesuai isi dengan isi
paragraf
- tujuan penulis menulis teks/artikel
- menentukan arti kata/istilah (arti istilah,
penggunaan istilah
yang tidak tepat
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa
dapat menentuka:
- isi biografi (menjawab pertanyaan,
keteladanan tokoh).
3. Menentukan opini penulis dan pihak yang
dituju dalam tajuk
rencana/editorial.
Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat
menentukan:
- opini penulis dalam
kutipan tajuk rencana
- pihak yang dituju
dalam tajuk rencana/editorial.
4. Menentukan isi dan simpulan grafik,
diagram atau tabel.
Disajikan grafik, diagram atau tabel, siswa
dapat menentukan:
- isi grafik, diagram
atau tabel
- simpulan grafik,
diagram atau tabel
5. Menentukan unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik sastra Melayu
klasik/hikayat.
Disajikan kutipan sastra Melayu Klasik,
siswa dapat
menentukan:
- isi kutipan sastra
Melayu Klasik
- karakteristik
sastra Melayu Klasik
- unsur-unsur
intrinsik (latar, watak, amanat,dsb.)
- unsur-unsur
ekstrinsik (nilai-nilai)
6. Menentukan unsur-unsur
intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
Disajikan kutipan cerpen atau novel, siswa
dapat menentukan
- isi kutipan cerpen
atau novel
- unsur-unsur
intrinsik (latar, watak, amanat, dsb.)
- unsur-unsur
ekstrinsik (nilai-nilai)
7. Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat
menentukan:
- arti diksi dalam
larik/bait
- maksud isi puisi
- suasana yang
tergambar dalam puisi
8. Menentukan isi puisi lama, pantun,
gurindam.
Disajikan pantun/gurindam,
- siswa dapat menentukan maksud isi
pantun/gurindam
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, gagasan,
pendapat, perasaan, dan
informasi
dalam berbagai jenis
dan bentuk
paragraf, teks pidato,
surat resmi, dan karya
ilmiah dengan
mempertimbangkan
kesesuaian isi
dengan konteks,
kepadanan,
kepaduan, ketepatan
kalimat,
penggunaan bahasa,
diksi, struktur
kalimat, dan ejaan;
engungkapkan
pikiran dan gagasan
dalam bentuk
puisi, cerpen, novel,
drama, kritik,
esai, dan resensi.
9. Menulis paragraf padu.
Disajikan paragraf yang dirumpangkan sebuah
kalimatnya atau
tidak lengkap kalimatnya,
- siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk
melengkapinya (salah satu kalimatnya atau
simpulannya)
10. Melengkapi berbagai bentuk dan jenis
paragraf
dengan kalimat yang padu.
Disajikan paragraf (deskripsi, argumentasi,
narasi, persuasif,
eksposisi) yang dirumpangkan sebuah
kalimatnya atau tidak
lengkap kalimatnya (salah satu kalimatnya
atau simpulannya),
- siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk
melengkapinya
Disajikan paragraf induktif (analogi,
generalisasi, sebab akibat)
yang dirumpangkan sebuah kalimatnya atau
tidak lengkap
kalimatnya (salah satu kalimatnya atau
simpulannya),
- siswa dapat menentukan kalimat yang tepat
untuk
Melengkapinya
11. Melengkapi teks pidato
Disajikan paragraf kutipan naskah pidato
yang dirumpangkan
sebuah kalimatnaya atau tidak lengkap
kalimatnya,
- siswa dapat melengkapi dengan kalimat
(persuasif)
12. Melengkapi paragraf dengan kata baku,
kata serapan,
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan,
peribahasa.
Disajikan paragraf yang dirumpangkan
kata-kata tertentu,
siswa dapat menentukan:
- kata baku yang
tepat untuk melengkapinya
- kata serapan
- kata berimbuhan
yang tepat untuk melengkapinya
- kata ulang yang
tepat untuk melengkapinya
- ungkapan, yang
tepat untuk melengkapinya
13. Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata
penghubung/istilah
dalam paragraf.
Disajikan paragraf yang menggunakan (frasa/
kata
penghubung/ istilah yang tidak tepat atau
salah penggunaannya
dalam paragraf,
- siswa dapat menentukan perbaikan atau
penggantinya.
14. Menulis surat resmi.
Disajikan ilustrasi sehubungan keperluan
penulisan surat,
- siswa dapat menentukan penulisan/isi yang
benar (pembuka,
pemerian, penutup)
15. Menyunting kalimat dalam surat resmi.
Disajikan bagian kalimat surat yang
penulisan/struktur
kalimat/bahasa tidak tepat/rancu,
- siswa dapat menentukan kalimat
perbaikanya.
16. Menulis judul sesuai EYD.
Disajikan penulisan judul karangan yang
salah,
- siswa dapat menentukan menentukan penulisan
yang benar
(sesuai EYD) sebagai perbaikannya.
17. Menulis karya ilmiah (latar belakang dan
rumusan masalah)
Disajikan topik karya ilmiah, siswa dapat
menentukan:
- kalimat latar
belakang sesuai topik
- rumusan masalah
sesuai topik
18. Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan
kata
kias/berlambang/berima/bermajas).
Disajikakan sebuah pantun yang dirumpangkan
salah satu
lariknya,
- siswa dapat menentukan larik yang tepat
untuk
melengkapinya.
Disajikakan sebuah puisi yang dirumpangkan
salah satu
kata/kelompok kata(bemakna
kiaslambangberima) atau majas,
- siswa dapat menentukan kata/kelompok
kata/majas yang
tepat untuk melengkapinya.