Sabtu, 28 Juli 2012

Soal UN Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2011/2012 Paket B 75


     (1)Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralisme. (2)Melalui latihan teater, orang diajarkan untuk mengenal karakter orang lain, memahami orang lain dari tokoh-tokoh yang ditampilkan. (3)Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. (4)Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang. (5)Karakter seseorang  juga dapat terbentuk  dari latar belakang budaya seseorang.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. manfaat peran seni teater
B. pengajaran dalam teater
C. pengenalan karakter orang
D. runtuhnya karakter bangsa
E. terbentuknya karakter seseorang

Kalimat utama paragraf di atas adalah kalimat (1)  Peran seni teater termasuk penting karena dapat membantu karakter bangsa Indonesia yang selama ini dikenal penuh toleransi dan menghormati pluralisme. Pilihan yang sesuai dengan kalimat pertama adalah pilihan yang  A. manfaat peran seni teater. Manfaat peran seni teater adalah dapat membantu karakter bangsa Indonesia.
Jawaban : A

2. Kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kalimat yang merupakan fakta adalah kalimat nomor (3) Hal ini juga disampaikan oleh Jose Rizal Manua, seniman teater, sekaligus pendiri teater anak-anak bernama Teater Tanah Air, Sabtu (4/6) di Jakarta. Kalimat ini adalah satu-satunya kalimat yang merupakan fakta dalam paragraf di atas. Kalimat nomor (3) ini mengandung ciri-ciri fakta: nama tempat, orang yang berbuat, hari dan tanggal (waktu), yang merupakan data yang tak bisa dibantah adanya.
Jawaban :  C

3. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kalimat yang mengandung kata tidak  baku adalah kalimat nomor (4) Pemahaman terhadap orang lain ini terbentuk karena dalam teater seseorang diajarkan untuk mengenal tidak hanya fsikologi manusia, tetapi juga latar belakang sosial seseorang.  Kata tidak baku dalam kalimat tersebut adalah fsikologi. Kata bakunya adalah psikologi, artinya ilmu tentang gejala kejiwaan manusia. Kata fsikologi tidak ditemukan dalam KBBI, artinya kata itu tidak ada dalam bahasa Indonesia.
Jawaban : D


     (1)Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan  pada DNA. (2)Padahal, DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel sehingga dapat berfungsi dengan normal. (3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut  akan mengarah pada sel kanker suatu hari nanti. (4)Namun, beberapa bahan fitokimia  (bahan-bahan kimia yang diproduksi  oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses perusakan DNA. (5)Zat tersebut dapat menetralkan zat karsinogenetik atau  mutagenik serta dapat menyebabkan pengeluaran zat karsinogenetik itu dari dalam tubuh, contohnya isohiocynates yang terdapat di dalam sayuran dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh bahan karsinogen.

4. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kalimat utama adalah kalimat  (1) Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan  pada DNA.
Kalimat berikutnya menjelaskan kalimat nomor (1) ini.
Kalimat (2) menjelaskan bahwa DNA penting (tidak boleh rusak) dan fungsinya.
Kalimat (3) menjelaskan akibat dari rusaknya DNA suatu sel.
Kalimat (4) dan (5) menjelaskan bahan yang dapat menghambat kerusakan DNA.
Jawab :  A

5.  Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah….
A.  DNA yang sangat penting bagi tubuh dapat dirusak oleh beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi, tetapi dapat dihambat dengan fitokimia.
B.  Beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia yang diproduksi oleh makhluk hidup) mampu menghambat proses perusakan DNA.
C.  Sel kanker disebabkan oleh radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi.
D.  DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi  mengatur kinerja sel, tetapi dapat dirusak oleh zat karsinogenetik atau mutagenik.
E.  Isothiocyanates yang terdapat dalam sayuran dapat meningkatkan radikal bebas dan bahan kimia dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jawaban :  A
Hanya pilihan yang sesuai dengan teks bacaan.

No.
Kurs Valas
Kurs Valas bulan Juni 2011
28 Juni
30 Juni
1.
GBP
13.700
13.800
2.
EUR
12.300
12.400
3.
AUD
9.000
9.200
4.
JPY  (100)
10.700
10.600
6.  Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah….
A.  Pada tanggal  28 dan 30 tiap-tiap kurs valas mengalami kenaikan.
B.  Kenaikan kurs valas tertinggi pada kurs valas nomor 3 dan 4.
C.  Kurs valas pada nomor 4 tidak mengalami kenaikan.
D.  Kenaikan kurs valas pada nomor 1, 2, dan 3 besarnya sama.
E.  Besarnya kenaikan kurs valas pada nomor 1 dan 2 tidak sama.
Jawaban :  C

7.  Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah ….
A. Kenaikan tiap kurs valas sebanding satu dengan lainnya.
B. Kenaikan kurs valas  1 sama dengan kurs valas  4.
C. Kenaikan rendah terjadi pada kurs valas nomor 3.
D. Kurs valas mengalami kenaikan setiap hari.
E. Kenaikan kurs valas tanggal 28 ke tanggal 30 Juni relatif stabil.
Jawaban :  E

      Setelah pagi-pagi hari, maka berkatalah Si Miskin kepada isterinya, “Ya Tuanku, matilah rasaku ini, sangatlah sakit rasanya tubuhku ini. Maka tiadalah berdaya lagi; hancurlah rasanya anggotaku ini.” Maka ia pun tersedu-sedulah menangis, maka terlalu belas rasa hati isterinya, melihat laku suaminya demikian itu; maka ia pun menangis pula seraya mengambil daun kayu, lalu dimamahnya, maka disapukannyalah seluruh tubuh suaminya, sambil berkata, “Diamlah Tuan, jangan menangis! Sudahlah dengan untung kita, maka jadilah selaku ini!” Adapun Si Miskin itu, asalnya daripada   raja keinderaan. Maka, kena sumpah Batara Indera, maka jadilah ia demikian itu. Maka, adalah suaminya itu pun segarlah sedikit tubuhnya. Setelah itu, maka suaminya pun masuk ke dalam hutan mencari umbut muda, yang patut dimakannya; maka dibawanyalah kepada isterinya. Maka demikianlah laki bini itu.

8.  Karakteristik yang menggambarkan bahwa naskah tersebut karya sastra Melayu Klasik adalah….
A. Struktur kalimat dan kesaktian tokoh.
B. Istana sentris dan perilaku tokoh.
C. Struktur kalimat dan kesengsaraan tokoh.
D. Penggunaan kata maka dan istana sentris
E. Kesaksian tokoh dan kemustahilan.
Jawaban : D
Ciri-ciri sastra Melayu Klasik yaitu: istana sentris, bahasa klise seperti maka, hatta, dll., susah dimengerti kalimatnya (struktur kalimat), anonim, mengandung hal yang ajaib/mustahil.

9.    Isi cerita yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah….
A.      Si Miskin dan istrinya lari masuk hutan mencari umbut muda.
B.      Kehancuran hidup Si Miskin dan istrinya di dalam hutan.
C.      Kehidupan Si Miskin dan istrinya  selama jadi pengemis.
D.      Kesetiaan istri Si Miskin dan kerelaan menerima nasib.
E.       Si Miskin yang hidup terlunta-lunta karena sumpah Batara Indera.
Jawaban : D
Istri Si Miskin setia mendampingi suaminya dalam kesusahan dan rela menerima nasibnya. Kerelaan ini tampak dari ucapannya,”… Sudahlah dengan untung kita….”

10.            Raja Syahsian dan perdana menteri sangat bergembira. Setelah memakan obat yang dibawa Indraputera, yaitu sekuntum bungan tunjung, permaisuri hamillah dan melahirkan seorang anak yang elok parasnya yang dinamakan Tuan Puteri Indra Seri Bulan. Pada suatu ketika, Indraputera dituduh berbuat jahat dengan dayang-dayang istana dan akhirnya Indraputera dibuang di sebuah negeri yang kotanya terbuat dari batu hitam. Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit kepada Indraputera.
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah….
A.      Tuduhan terhadap Inderaputra berbuat jahat.
B.      Kegembiraan Raja Syahsian dan perdana menterinya.
C.      Sikap pemimpin memuliakan orang lain dan memberi hadiah.
D.      Sikap inderaputra terhadap tuduhan yang menimpa dirinya.
E.       Sikap Inderaputra setelah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
Jawaban : C
Ini sesuai dengan kalimat   Raja negeri ini sangat memuliakan Indraputera dan memberikan hadiah sehelai kain yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit kepada Indraputera.

11.            Mereka terkejut melihat harimau sangat lincah melepaskan Pak Balam dari cengkeramannya. Harimau itu menghilang ke dalam hutan yang sangat gelap di tengah malam itu. Dengan cepat mereka berlari dan menuju ke tempat Pak Balam terbaring. Dalam cahaya samar-samar dari potongan kayu yang menyala, mereka melihat betapa kaki kiri Pak Balam lukanya bengkak sekali, betisnya kena gigitan harimau, daging dan otot betis koyak hingga kelihatan tulangnya yang putih, dan darah mengalir berwarna merah.
Frasa adjektiva yang tepat memperbaiki frasa yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah….
A.      sangat besar, besar benar, teramat banyak
B.      sangat besar, amat parah, amat banyak
C.      cukup besar, sakit sekali, bagaikan air
D.      agak besar, dalam sekali, tak tertahankan
E.       tinggi besar, paling lebar, seperti air
Jawaban : B

12.     Cermatilah paragraf berikut!
       Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu  kesatuan yang utuh.
Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung  yang bercetak miring pada paragaraf tersebut adalah ….
A.      atau, tetapi, sebab
B.      yaitu, bahkan, bahwa
C.      serta, yakni, dan
D.      dan, serta, jika
E.       karena, misalnya, apabila
Jawaban : D

13.     Cermatilah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
Topik :  Cinta Tanah Air
(1)    Bila kita mencintai tanah air, hendaklah dimulai dari diri sendiri, yaitu dengan mendisiplinkan diri untuk hal-hal yang baik.
(2)    Pemerintah harus memberantas korupsi yang merajalela tanpa pandang bulu dan tidak menunda-nunda penyelesaian kasusnya.
(3)    Meningkatkan kedisiplinan dengan menghargai waktu, menjaga kebersihan lingkungan, dan menaati peraturan yang sudah disepakati.
(4)    Jangan ada perang dingin antarrakyat Indonesia karena hal sepele menjadi perselisihan nyata.
(5)    Jangan kita berteriak-teriak saja, tetapi buktikan dengan tindakan nyata untuk membangun negara Indonesia.
Kalimat persuasif yang sesuai dengan topik tersebut adalah nomor ….
A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (5)
C.      (2) dan (3)
D.      (3) dan (4)
E.       (4) dan (5)

Jawaban : B

14.     Cermatilah paragraf berikut!
       Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. …. Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80—300 meter.
B.      Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C.      Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan ”Grand Canyon”.
D.      Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E.       Tebing granit di Lembah Harau telah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatera Barat.
Jawaban : A
Kalimat deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan sesuatu dengan detail/rinci.  Yang paling rinci dan tepat adalah kalimat  pilihan A.

15.     Cermatilah pantun berikut!
Kain batik berbahan katun
Lama dijemur di dekat pantai
Mari menjaga sopan santun
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A.      Hidup jangan terlalu santai
B.      Agar hidup tentram dan damai
C.      Sambil bernyanyi ramai-ramai
D.      Perilaku lemah gemulai
E.       Terutama kebersihan pantai

16.     Cermatilah puisi berikut!
              Laut
Di bibir pantai ini
Aku bersimpuh menatapmu
Biru laut-Mu
Decak kagumku atas ciptaan-Mu

Aku enggan melangkah
Pesona keindahanmu
Menahanku …
Tuk tetap bersamamu
                       (Ratna Ningrum)
Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ….
A.      beranjak
B.      bergelombang
C.      bergemuruh
D.      berdebur
E.       bergulung

17.     Cermati paragraf narasi berikut!
       Ombak bergulung lembut sore itu benar-benar menunjukkan pesona. Perahu dengan layar warna-warni menghias diaroma nyata alam terbuka. Kilau rona kemuning bias sinar matahari sore. Sementara itu, wajah kecut wanita muda berpaling bahwa pesona keindahan alam tak mau berpihak pada kisah asmaranya. Pemuda yang telah melukis kisah indah di hatinya ternyata tega berkhianat. Kesuciannya dirampas karena janji-janji kosong. Dia merenung ternyata keimanannya dikalahkan hanya dengan pujian memabukkan …. Rasanya tinggal kekecewaan yang sedang dilempar ke ufuk biar tenggelam, tapi mana mungkin?
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      membuka hati
B.      kebahagiaan semu
C.      mulut manisnya
D.      mulut berbisa
E.       kelembutan hati

18.            Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkabohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. ….
Simpulan yang tepat untuk melengkapi  paragraf  di atas adalah ….
A.      Kita tidak akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan dan merawat kecantikan.
B.      Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
C.      Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidaklah mahal bila dilakkan dengan berolahraga.
D.      Para remaja di kota-kota besar sering mengalami kesulitan untuk melakukan diet di salon/dokter.
E.       Banyaknya  iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cata yang efektif.

 Cermati tajuk berikut untuk menjawab soal no. 19 dan 20!
       Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil.  Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat  pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat  tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan  Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.

19.     Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah ….
A.      Janji-janji pada waktu pemilihan hanya merupakan penarik simpati masyarakat.
B.      Kita hendaknya menagih janji pemimpin jika sudah terpilih dalam pemilihan.
C.      Hasil yang nyata dari sebuah pemerintahan dapat terlihat dari kinerjanya selama setahun.
D.      Pemerintah belum mampu mengikuti kiprah kemajuan Cina dan negara-negara Asia lainnya.
E.       Profesionalisme pemerintah tidak mampu menampilkan hasil  yang nyata bagi masyarakat.

20.     Permasalahan opini ditujukan kepada ….
A.      pemerintah
B.      rakyat
C.      Cina
D.      negara Asia
E.       generasi  muda

Cermati kutipan novel berikut untuk soal nomor 21 dan 22!
       Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. Buyung merasa  agak berat dalam hatinya berangkat. Dia teringat Siti Rbiyah  yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tidur. Dan tiap sebentar terdengar gerak Siti Rubiyah di dalam kamar mengambil air minum untuknya.
21.     Watak Buyung seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain dideskripsikan pengarang dalam kutipan tersebut dengan ….
A.      pikiran-pikiran tokoh
B.      dialog  antartokoh
C.      tanggapan tokoh lain
D.      secara langsung
E.       lingkungan di sekitar tokoh

22.     Amanat yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A.      Tidak baik berputus asa menghadapi penderitaan hidup.
B.      Janganlah teralu menghitung-hitung jasa yang dilakukan.
C.      Sabar menghadapi cobaan yang menimpa diri.
D.      Pedulilah terhadap kondisi dan penderitaan orang lain.
E.       Janganlah mencurigai orang lain secara berlebihan.

       Wilibrordus Surendra Broto Rendra (lahir di Solo, 7 November 1935) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Burung Merak”. Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta padan tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok. Semenjak masa kuliah beliau sudah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah.
       Bakat sastra Rendra sudah mulai terlihat ketika duduk di bangku SMP. Saat itu ia sudah mulai menunjukkan kemampuannya dengan menulis puisi, cerita pendek, dan drama untuk berbagai kegiatan sekolahnya. Bukan hanya menulis, ia juga piawai di atas panggung. Ia mementaskan beberapa dramanya dan terutama tampil sebagai pembaca puisi yang sangat berbakat.
       ”Kaki Palsu” adalah drama pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan ”Orang-Orang di Tikungan Jalan” adalah drama pertamanya yang mendapat penghargaan dan hadian pertama dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta. Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan itu membuatnya sangat bergairah untuk berkarya.
       Karya-karya Rendra tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Banyak karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, di antaranya bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan India.

23.     Hal yang dapat menjadi teladan serta menarik dari tokoh Rendra adalah ….
A.      Menjadi penyair terkenal yang mendapat julukan ”Si Burung Merak”.
B.      Sejak SMP sudah menunjukkan kemapuan menulis puisi, cerpen, dan drama.
C.      Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa asing.
D.      Mendapat penghargaan dan hadiah dari pemerintah atas hasil karyanya.
E.       Bergairah untuk berkarya karena sudah banyak mendapat penghargaan.

24.     Mengapa Rendra menjadi sangat bergairah untuk berkarya?
A.      Karena ia penyair yang mendapat julukan ”Si Burung Merak”.
B.      Karena menyadari dirinya mempunyai kemampuan bersastra.
C.      Karena ia adalah seorang pembaca puisi yang sangat berbakat.
D.      Karena karyanya banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing.
E.       Karena sejak duduk di SMA karyanya sudah  mendapat penghargaan.

25.     Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
       Ibarat pohon, benakku saat ini adalah sebuah pohon pengetahuan yang besar, kokoh, … rimbun hijau. Di cabangnya bergantung buah pikiranku yang matang dan siap dipetik. Sebuah panen raya dengan mengadakan … dan … rakyat, hidangan di meja panjang, begitulah aku membayangkan saat duduk di meja kerja dan menyalakan komputer.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ….
A.      daun-daun, lagu-laguan, tari-tarian
B.      daun-daun, lagu-lagu, tari-tarian
C.      dedaunan, melagu-lagu, tari-tarian
D.      daun-daunan, berlagu-lagu, tari-tarian
E.       daun-daunan, dilagu-lagukan, tari-tarian

26.     Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah ….
A.      Peran pemuda dalam menerima kepemimpinan bangsa
B.      Sikap Generasi Muda dalam Memperkokoh N.K.R.I.
C.      Kesiapan Anak Bangsa dalam Estaafet Kepemimpinan
D.      Penjagaan Anak Bangsa Dalam Memperkokoh NKRI
E.       Peran Pemuda di era Globalisasi

27.     Cermati topik karya tulis berikut!
Topik : Perbaikan mental remaja
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A.      Remaja banyak sekali memerlukan perhatian orang di sekitarnya.
B.      Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat anak remaja.
C.      Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba.
D.      Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya disebabkan berbagai faktor.
E.       Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental remaja.

28.     Cermati topik berikut!
Topik : Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat
Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….
A.      Apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
B.      Siapa yang terlibat untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?
C.      Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman obat dalam masyarakat?
D.      Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat dalam pelestarian?
E.       Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap tanaman obat?

29.            Cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen. Tokohnya adalah Karyamin, seorang tukang batu. Karyamin selalu tersenyum dalam situasi  apa pun. Dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dikisahkan tokoh Srintil dan Rasus dari warga desa yang masih kuat memegang tradisi setempat.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan berdasarkan ilustrasi  tersebut adalah ….
A.      Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat kehidupan masyarakat kecil menjadi cerita menarik.
B.      Ahmad Tohari memahami dengan baik adat dan tradisi masyarakat desa yang diceritakannya.
C.      Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah kehidupan menjadi sebuah cerpen.
D.      Ahmad Tohari merupakan pengarang cerpen dan novel yang khusus mengangkat masyarakat kecil.
E.       Ahmad Tohari selalu mengangkat kehidupan masyarakat desa kelahirannya.

30.     Perhatikan dialog berikut!
Bapak          : ”Siapa yang datang, Bu?” (setelah temannya pergi)
Ibu                                : ”Teman kerja ibu, tadi ada pembagian honor.”
Bapak          : ”Tadi kan sudah ketemu di kantor?”
Ibu                                : ”Minta penjelasan tentang pembagian honor.”
Bapak          : ”Kok ke Ibu, Ibu kan bukan bendahara?”
Ibu                                : ”Dia kan selalu tidak terima dengan pembagian yang ada. Padahal, nggak ikut kerja.”
Bapak          : ”….”
Ibu                                : ”Ya begitulah, ia selalu menilai pekerjaan dengan uang.”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dialog tersebut adalah ….
A.      Dia selalu gelap mata dalam bertindak.
B.      Semua mengenal dia sebagai pekerja yang ulet.
C.      Ia termasuk karyawan yang sangat berpengalaman.
D.      Wow, dia memang mata duitan.
E.       Pekerjaan dia memang terlalu banyak.

31.      Perhatikan penggalan paragraf berikut dengan saksama!
       (1)Amat wajar jika masyarakat mendambakan agar polisi memiliki kesaktian luar biasa, tetapi diakui juga memiliki kelemahan yang dinilai manusiawi. (2)Selain tegas dalam menegakkan hukum juga bisa bersinergi dengan masyarakat dalam mencegah kejahatan. (3)Terlebih garis marka antara polisi dan masyarakat dalam mencegah kejahatan sangat tipis. (4)Polisi dan masyarakat adalah dua komunitas yang tidak mungkin dipisahkan karena polisi lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat. (5) Institusi kepolisian sendiri sangatlah penting artinya bagi sebuah negara sebagai bagian dalam menata masyarakatnya.
Kalimat yang menggunakan istilah tidak tepat pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)

32.     Cermatilah kutipan paragraf berikut!
       Selain berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang berguna, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sudah  berabad-abad lamanya lidah buaya digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan para putri raja. Sedangkan sebagai obat, bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistem pencernaan, membunuh kumah, dan menghilangkan rasa sakit.
Tujuan penulis artikel ini untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa ….
A.      Tanaman hias lidah buaya sangat bermanfaat bagi penanamnya.
B.      Orang dapat mengandalkan lidah buaya untuk penyembuhan penyakit.
C.      Tanaman hias lidah buaya bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit.
D.      Lebih baik menanam lidah buaya karena dapat dipergunakan sebagai obat.
E.       Tanaman hias yang paling berkhasiat adalah tanaman lidah buaya.

       Kendala utama tidak berjalannya pendaftaran penduduk ini terletak pada ketidakseriusan pemerintah dalam melaksanakannya, termasuk pemerintah daerah. Ada kesan bahwa pendaftaran penduduk hanya dianggap sebagai aktivitas administratif belaka. Apabila ditelaah pendaftaran penduduk memiliki dimensi yang sangat luas, baik bagi pemerintahan maupun bagi individu penduduk. Pemerintah harus berupaya bangkit dari stagnasi terkait proses pendaftaran penduduk.

33.     Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah….
A.      Bagaimana proses pelaksanaan pendaftaran penduduk?
B.      Apa kendala utama tidak berjalannya proses pendaftaran penduduk?
C.      Mengapa pendaftaran penduduk tidak dianggap penting?
D.      Apa saja manfaat dilaksanakannya pendaftaran penduduk?
E.       Di mana ketidakseriusan pemerintah pusat dalam pendaftaran?

34.     Arti istilah stagnasi dalam teks tersebut adalah ….
A.      keadaan terhenti
B.      tersendat-sendat
C.      kondisi mundur
D.      keadaan terpuruk
E.       terseok-seok

Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 35, 36, dan 37!
                     Api Suci
Selama nafas masih mengalun
Selama jantung masih memukul
Wahai api bakarlah jiwaku
Biar mengaduh, biar mengeluh
      Seperti wajah merah membara
Dalam bakaran api nyala
Bias jiwaku habis terlebur
Dalam kobaran nyala raya
Sesak menyesak di kalbu
Gelisah liar mata memandang
Di mana duduk rasa dihujan
Demikian rahmat tumpahkan selalu
Nikmat rasa api mengapus
Nyanyian semata bunyi jeritku
                                                (Sutan Takdir Alisyahbana)

35.     Makna lambang ”api”  dalam puisi tersebut adalah ….
A.      kehebatan seseorang
B.      semangat juang
C.      keteguhan hati
D.      angan-angan diri
E.       sangat marah

36.     Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A.      Kehebatan seseorang melawan penderitaan hidup.
B.      Perjuangan seseorang yang tidak pernah berakhir.
C.      Membangkitkan semangat hidup seseorang.
D.      Ketakutan seseorang akan kehilangan tanah airnya.
E.       Kesetiakawanan yang dimiliki seseorang.

37.     Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ….
A.      mencekam
B.      haru
C.      marah
D.      bersemangat
E.       gembira

38.     Cermatilah gurindam berikut!

Dengan ibu hendaklah hormat
Supaya badan dapat selamat

Maksud isi gurindam tersebut adalah ….
A.      Hormatilah ibumu agar kamu tidak mendapat celaka di jalan.
B.      Hormatilah kaum ibu agar mereka mendoakan keselamatan bagi kita.
C.      Patuhilah semua nasihat ibu agar diri kita terhindar dari bencana.
D.      Berilah hormat pada setiap ibu agar ia memberimu selamat.
E.       Patuh dan berbaktilah pada ibu agar selamat dunia dan akhirat.

Cermatilah paragraf berikut dan jawablah soal no. 39 dan 40!
       (1)Kondisi kendaraan yang tidak layak sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas jalan raya. (2) Keadaan ban yang sudah menipis dapat menyebabkan ban pecah pada saat kendaraannya melaju. (3)Ada kendaraan yang tidak berfungsi sebagaimana seharusnya karena kanvas rem sudah tipis. (4)Ada pula rem kendaraan blong karena minyak rem bocor. (5) Kelelahan logam atau disebut dengan istilah aus juga menyebabkan bagian kendaraan patah.
39.     Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah ….
A.      Kurangnya kontrol keadaan kendaraan oleh pemilik kendaraan.
B.      Kondisi kendaraan penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
C.      Kondisi buruk pengguna jalan raya penyebab kecelakaan.
D.      Hal buruk yang tidak bisa dihindari oleh pengguna jalan raya.
E.       Pengendara yang sering melanggar tata tertib berlalu lintas.

40.     Kalimat yang strukturnya rancu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ….
A.      (1)
B.      (2)
C.      (3)
D.      (4)
E.       (5)

41.     Cermatilah kalimat penutup surat berikut!

Demikianlah surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan (yang dicetak miring) adalah ….
A.      Atas perhatian Bapak, Saya ucapkan terima kasih.
B.      Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
C.      Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
D.      Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
E.       Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.

42.     Cermatilah kutipan surat undangan berikut!
Sehubungan dengan perayaan ulang tahun SMA Bakti Negara, kami mengundang perwakilan OSIS SMA Sayang Bangsa. Acara akan diadakan pada,
….
Penulisan pemerian pelaksanaan acara untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah ….
A.      hari, tanggal                                  : Sabtu, 7 April 2012
waktu                                              : pukul 08.00—13.00 WIB
tempat                                           : aula SMA Bakti Negara
acara                                                : pentas seni siswa

B.      Hari, tanggal                                 : Sabtu, 7 April 2012
Waktu                                             : Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : Aula SMA Bakti Negara
Acara                                               : Pentas Seni Siswa

C.      Hari, Tanggal                                 : Sabtu, 7 April 2012
Waktu                                             : Pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : Aula SMA Bakti Negara
Acara                                               : PENTAS SENI SISWA

D.      hari, tanggal                                  : Sabtu, 7 April 2012
waktu                                              : pukul 08.00—13.00 WIB
Tempat                                           : AULA SMA BAKTI NEGARA
acara                                                : pentas seni Siswa

E.       HARI, TANGGAL                          : SABTU, 7 APRIL 2012
WAKTU                                           : PUKUL 08.00—13.00 WIB
TEMPAT                                         : AULA SMA BAKTI NEGARA
ACARA                                            : PENTAS SENI SISWA


43.     Cermatilah paragraf generalisasi berikut!
       Di Kota A terdapat 35 Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada tahun lalu sebanyak 24 SMA dapat meluluskan siswanya 100%. Sementara itu, 7 SMA lainnya mampu meluluskan siswa 99%, sedangkan sekolah lainnya di kota itu bisa meluluskan 97%. ….
Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah ….
A.      Jadi, semua sekolah di Kota A merupakan sekolah favorit.
B.      Dengan demikian, sekolah di Kota A merayakan kelulusan  dengan gembira.
C.      Kesimpulan bahwa proses pembelajaran di sekolah berlangsung tertib dan disiplin.
D.      Maka, semua sekolah di Kota A mendapatkan penghargaan dari semua orang tua siswa.
E.       Dapat dikatakan bahwa sekolah-sekolah di Kota A mampu meluluskan siswanya dengan baik.

44.     Cermati silogisme berikut!
Premis umum          :  Siswa yang baik selalu belajar dengan teratur.
Premis khusus         :  Mely siswa yang baik.
Simpulan                    :  ….
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ….
A.      Karena itu, Mely naik kelas karena belajar dengan teratur.
B.      Mely adalah siswa yang selalu belajar.
C.      Jadi, Mely selalu belajar dengan teratur.
D.      Berarti cara belajar Mely sudah benar.
E.       Mely siswa yang baik karena selalu belajar dengan teratur.

45.     Cermatilah paragraf berikut!
       Bus … yang kami tumpangi melaju dengan tenang membawa kami menuju objek wisata. Bus tersebut sudah biasa membawa penumpang ….  Mesinnya pun halus bunyinya karena mesinnya menggunakan  … canggih.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      eksekutif,  antarprovinsi, tekhnologi
B.      eksekutif, antarprovinsi, teknologi
C.      eksekutive, antar-provinsi, teknologi
D.      eksekutif, antar-provinsi, technologi
E.       eksekutip, antarpropinsi, tehnologi

46.     Cermati teks berikut!
       Hari itu Pak Budiman, pemilik dua tabungan, mendapat telepon dari Bank Nagari yang mengabarkan dia memperoleh hadiah sepeda motor. Dia ragu, jangan-jangan ini  hanya penipuan. Namun, Arif anaknya mendesak untuk membuktikannya. Pak Budiman beryukur karena sepeda motor itu bisa dipakai untuk ke sekolah oleh Arif. Sebulan kemudian Bank BRI juga menarik undian Simpedes. Pak Budiman menerima telepon  yang mengabari bahwa dia menjadi pemenang utama. Kali ini dia juga tetap berhati-hati menanggapinya karena banyak penipuan tentang pemenang undian. Akan tetapi, anaknya Ikbal, bersemangat dan langsung menemui panitia. Ternyata memang Pak Budimanlah pemenang hadiah mobil Avanza keluaran terakhir itu. Nasib Pak Budiman …..
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.      Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.
B.      Sekali ombak besar sekali tepian berubah.
C.      Bagaikan mendapat durian runtuh.
D.      Mati semut karena gula.
E.       Bagai orang dahaga mendapat air.

47.     Cermatilah paragraf berikut!
       Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbda-beda, setiap media akan …  tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya populer penulisan.
Kata barimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
A.      dicoba, mensajikan, mentampilkan
B.      menyoba, menyaji, menampilkan
C.      mencoba, menyajikan, menampilkan
D.      mencoba, menyajikan, ditampilkan
E.       mencobakan, disajikan, ditampilkan

48.     Cermatilah cerpen berikut!
       Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli bensin untuk sepeda motor dan mobil. ….  Paling mereka bersepeda. Dan, kita ke mana-mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba-lomba ingin mendapatkan televisi berwarna dan membeli lemari es.
Kalimat bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah ….
A.      Mereka banyak yang mengedarai sepeda motor.
B.      Hanya beberapa orang yang berjalan kaki.
C.      Besok mereka akan pergi ke luar kota.
D.      Dulu di desa ini tidak ada yang memakai Honda.
E.       Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan mobil.

49.     Cermatilah paragraf esai berikut!
       Berbicara tentak masalah saja, kita sering menjumpai kata-kata mentah, gagal sebagai sebuah sajak, tidak berbobot. Penyebabnya ada dua kemungkinan. Mungkin lantaran penulisnya belum mahir dalam teknik menulis sajak. Kemungkinan kedua kurangnya penghayatan terhadap hidup. Tidak menaruh perhatian pada filsafat, atau memang usianya belum memungkinkan untuk berkecimpung dalam dunia filsafat. Realita yang terdapat dalam dirinya belum sanggup ia kaitkan dengan realita di luar karena usianya masih muda remaja.
Kalimat simpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut ialah ….
A.    Banyak karya sastra berupa sajak, namun tidak tergolong ke dalam sajak berkualitas.
B.    Karya sastra yang berkualitas  terlahir dari sastrawan yang berpengalaman.
C.    Penulis sajak yang berkualitas memerlukan penghayatan.
D.    Ilmu filsafat sangat menentukan kualitas karya sastra yang dibuatnya.
E.     Penulis sajak harus mahir dalam teknik menulis sastra.

50.     Cermatilah kutipan cerpen berikut!
Ketika guru dan murid telah membiasakan belajar di alam terbuka, melihat ukang kebun itu bekerja sendirian, semuanya mendekat.
”Jaring itu untuk apa, Pak?”
”Unruk menjaring malaikat.”
”Malaikat?”
”Benar.”
”Boleh kami bantu, Pak?”
”Boleh. Boleh tentu saja. Malah setelah ini, kalian akan saya ajak menunggui jaring ini.”
”Kenapa mesti ditunggu?”
”Sebentar lagi Jibril akan gentayangan terperangkap jaring ini.”

Kalimat kritik yang sesuai dengan isi kutipan adalah ….
A.      Isi kutipan cerpen ini sulit dicerna karena hanya mengungkapkan halusinasi yang menimbulkan keanehan  dan kebingungan pembacanya.
B.      Cerita yang menarik dan membuat pembacanya penasaran untuk mengikuti alur cerita yang disajikan penulis.
C.      Cerpen Danarto telah berhasil menarik perhatian pembaca terutama karena hasil ceritanya yang unik.
D.      Penggunaan dialog yang pendek telah memudahkan pembaca untuk memahami isi cerita.
E.       Danarto telah sukses menjadi cerpenis yang unik dengan cerita-cerita sangat menarik.




 Ditulis kembali oleh Malin Batuah






8 komentar: