Follow by Email

Kamis, 26 Juli 2012

Jenis-Jenis Surat

I. Berdasarkan wujud surat
1. kartu pos
yaitu tempat menulis surat yang terbuat dari kertas karton tipis ukuran 15 x 10 cm yang disahkan pemakaiannya oleh Perum Pos. Di atas kertas berbentuk kartu inilah orang menulis surat. Isi berita harus singkat sesuai dengan ruang kertas yang tersedia. Berita yang ditulis adalah berita biasa yang tidak bersifat rahasia karena surat ini dikirim tanpa memakai sampul surat.

2. warkat pos
yiaut lembaran kertas surat yang dicetak dan diedarkan oleh Perum Pos. Pada bagian dalam kertas dapat ditulis dengan berita, sedang pada bagian luar terdapat blanko untuk menulis alamat surat. Bila kertas ini dilipat sedimikian rupa bagian isi surat akat tertutup dan tidak bisa dibaca lagi dan akan berbentuk sampul surat.

3. surat bersampul
yaitu surat yang dikirimkan dengan memakai sampul surat. Surat seperti inilah yang lazim dipakai orang. Surat bersampul ini kelebihannya adalah:
a. lebih terjamin kerahasiaan isinya
b. dapat ditulis panjang
c. lebih sopan dan berwibawa

4. telegram
yaitu surat kawat yang dikirimkan melalui pesawat telegrap yang dilakukan oleh Perum Pos. Biaya pengiriman didasarkan kepada jumlah kata. Karena itu adalah teknik penulisan telegram sehingga menghemat biaya, dan juga ada ketentuan menulis telegram yang lazim digunakan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar