Follow by Email

Selasa, 01 Maret 2016

Penggolongan Surat menurut Pemakaiannya

Penggolongan Surat menurut Pemakaiannya

1. Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat dari perseorangan kepada orang lain atau kepada organisasi. Pengirim surat harus menyebut dirinya dengan kata saya atau kata ganti orang pertama. Jika dilihat dari segi isinya, surat pribadi dapat dibagi menjadi dua:
a. surat pribadi yang isinya prive, yaitu surat yang dikirim teman kepada teman/kerabat/keluarga. Surat ini memiliki kebebasan dalam pemakaian bentuk dan pemakaian bahasa. Surat pribadi boleh menyimpang dari aturan bentuk surat resmi dan bahasanya pun boleh tidak baku.
b. surat pribadi yang isinya resmi, yaitu surat pribadi yang dikirim kepada pejabat suatu instansi atau kepada organisasi, misalnya surat lamaran pekerjaan, surat kuasa, surat pernyataan. Surat pribadi yang bersifat resmi harus menggunakan bentuk dan bahasa yang baku.

2. Surat pemerintah
Surat pemerintah adalah surat resmi yang terutama digunakan oleh instansi pemerintah untuk kepentingan administrasi pemerintahan. Bahasa surat harus resmi/formal. Surat pemerintah dipakai dari instansi paling rendah sampai paling tinggi.

3. Surat bisnis
Surat bisnis yaitu surat yang terutama dipakai oleh perusahaan untuk urusan perdagangan atau jual beli. Surat bisnis memakai bentuk yang bevariasi, namun tetap mengikuti ketentuan surat resmi. Pemakaian bahasa surat bisnis lebih luwes  jika dibandingkan dengan bahasa surat pemerintah.

4. Surat sosial
Surat sosial yaitu surat yang dipakai oleh organisasi kemasyarakatan yang bersifat nonprofit..


Diposkan oleh Yudi Hendra, S. Pd.
Alumni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonsia Universitas Negeri Padang
Sumber : Aneka Surat Sekretaris dan Bisnis, Lamuddin Finoza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar