Jumat, 27 April 2012

Paragraf Deskripsi


Paragraf Deskripsi

Paragaf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan detail. Pembaca seakan melihat sendiri apa yang digambarkan penulis dalam tulisannya.
Perhatikan contoh berikut!
1.           Amin seorang pemuda yang tegap. Badannya tinggi semampai, padat, berotot. Rambut hitam lebat. Wajah persegi, menampakkan wataknya yang keras. Bahu lebar, kekar. Amin sanggup mengangkat beban yang empat kali lebih berat dari tubuhnya.
2.           Kampungku termasuk daerah aman tsunami. Bukit yang cukup tinggi mengelilingi kampungku dari berbagai sisi. Letaknya juga agak jauh dari laut. Anda harus mengambil angkot jurusan Jati-Siteba, lalu berhenti di simpang jalan ke Rumah Sakit Ibnu Sina. Jalanlah lurus hingga ujung jalan. Sesampai di kompleks perumahan beloklah ke kiri. Kampungku bersebelahan dengan kompleks perumahan itu.
3.           Aulia tampak marah sekali. Matanya merah, wajahnya mengkerut. Wajahnya juga memerah menahan gejolak hatinya. Ia menggigit kuat gerahamnya dan tangannya tergenggam menegang. Sebentar lagi kata-kata yang setajam sembilu akan menyembur seperti api dari  mulutnya.


Latihan

1.           Sekolah ini terletak di persimpangan jalan ke Medan dari Bukittinggi. Jalannya bersimpang tiga. Sekolah ini persis di  sebelah kiri kalau kita dari Bukittinggi. Sekolahnya lumayan besar dengan kelas yang lumayan banyak. Kelas  VII saja ada sepuluh kelas. Begitu kita masuk pintu gerbang, kita akan langsung disambut lapangan terbuka tempat upacara hari Senin. ... . Kalau kita lurus melewati persegi panjang tadi, kita akan bertemu dengan kantin dan lapangan bola. Kalau membelok ke kanan, kita akan bertemu dengan lapangan basket dan ruangan majelis guru.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah….
A.      Upacara selalu dilaksanakan dengan penuh disiplin dan tertib oleh seluruh warga sekolah.
B.      Gerbang ini dibuat secara sederhana dan dipasang merek yang mudah dibaca.
C.      Sekeliling sekolah ini ditanami pohon pelindung dari jenis mahoni yang telah besar dan tinggi.
D.      Lapangan ini dikelilingi  ruang kelas dalam bentuk persegi panjang.
E.       Para siswa telah datang pada pukul setengah tujuh pagi karena pukul tujuh bel sudah berbunyi.

2.           Perjalanan Duri—Padang  memakan waktu dua belas jam. Tempat pertama yang dilewati adalah wilayah Kandis. Jalan Duri—Kandis lumayan bagus dengan kontur mendaki menurun. Bahkan ada jalan yang bergelombang. Jalan menjadi jelek menjelang ke Simpang Petapahan. Jalan ini telah hancur dari berbagai sisi. … . Pengendara yang mengantuk atau tidak hati-hati bisa terenggut nyawanya.
A.      Lubang-lubang besar sedalam tiga puluh hingga lima puluh senti dipenuhi  air dan lumpur.
B.      Pemerintah perlu memperhatikan perbaikan jalan ini karena sudah sangat berbahaya.
C.      Kerusakan jalan disebabkan jalan ini juga dilewati oleh mobil-mobil besar pembawa kayu.
D.      Pohon-pohon berbaris rapi sebagai pelindung dan penghijauan jalan.
E.       Jalan sangat lurus dengan marka jalan berwarna kuning terang di kedua sisi.



Penulis : Malin Batuah, urang Banda Gadang Gunung Pangilun, Padang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar