Friday, April 27, 2012

Paragraf Sebab Akibat


Paragraf Sebab Akibat

Paragraf sebab akibat adalah paragraf yang didahului kalimat-kalimat yang menyatakan sebab dan diakhiri dengan kalimat yang  merupakan akibat.
Contoh:
1.           (1)Asti tak punya rem pada mulutnya. (2)Lepas apa saja yang mau ia ucapkan. (3)Padanya tidak berlaku pepatah bijak yang mengatakan pikir dulu sebelum bicara.  (4)Apa saja disebut olehnya. (5)Ia tak peduli itu aib dirinya atau aib orang lain.  (6)Asti  dibenci oleh orang  banyak.

Kalimat (1) sampai dengan (5) menyatakan sebab, dan kalimat (6) menyatakan akibat.

2.           Semangat belajar Yura menggebu-gebu. Ia hampir tak mengenal jenuh dan lelah dalam belajar. Semua tugas sekolah ia kerjakan dengan sempurna. Semua buku wajib ia telah tamatkan sebelum  dibahas. Ia pun melahap bacaan apa saja yang  bisa menambah pengetahuan dan wawasannya. Yura memiliki prestasi akademis yang bagus dan wawasan yang luas.


Latihan

1.          (1)Ahim dengan tekun merawat ibunya. Ibunya telah tua renta. (2)Untuk berdiri saja ibunya sudah tak sanggup lagi. (3)Ahim harus memandikan, menyuapi, dan mengurus  segala keperluan ibunya. (4)Ahim mengurus ibunya seperti mengurus seorang bayi. (5)Ahim terus berdoa kepada Allah agar hatinya diberi kesabaran dan keikhlasan dalam merawat ibunya dengan kasih sayang.  (6)Allah merahmati Ahim dan menjadikan ia dan keluarganya  orang-orang yang saleh.
Kalimat yang merupakan akibat dalam paragraf di atas adalah kalimat nomor….
A.      (1)
B.      (3)
C.      (4)
D.     (5)
E.      (6)

2.           Tak dibiarkannya waktu lewat tanpa makna. Apa saja ia lakukan asal bermanfaat dan bernilai positif, apalagi bernilai amal saleh. Ia sangat paham arti waktu. Menyia-nyiakan waktu sama artinya dengan menyia-nyiakan hidup. Ia yakin suatu saat waktu yang diberikan ini akan diminta pertanggungjawabannya.  … .
Kalimat berupa akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah….
A.      Waktu yang tersia-sia akan mencelakakan dan mengantarkan pada kondisi yang amat buruk.
B.      Perencanaan harus dibuat dengan memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.
C.      Kalau waktu dibiarkan berlalu tanpa usaha yang bernilai maka waktu itu terhitung sebagai waktu yang sia-sia.
D.     Ia telah mencanangkan suatu target yang akan dicapainya sepuluh tahun yang akan datang.
E.      Ia telah menghasilkan banyak karya dan mendapat banyak prestasi dalam rentang usianya yang masih muda.



Penulis : Malin Batuah