Friday, June 1, 2012

Membedakan Fonem


Membedakan Fonem
            Bunyi vokal dihasilkan dengan pita suara terbuka sedikit. Pita suara tersebut bergetar ketika dilalui arus udara yang dipompakan dari paru-paru. Kemudian, arus udara itu keluar melalui rongga mulut tanpa hambatan, kecuali bentuk mulut yang terbentuk sesuai dengan jenis vokal.
Bunyi vokal dibedakan berdasarkan posisi lidah dan bentuk mulut. Berdasarkan posisi lidah, vokal dapat bersifat vertikal atau horizontal. Vokal secara vertikal, dibedakan adanya vokal tinggi, yakni bunyi /i/ dan /u/; vokal tengah, yaitu /e/ dan /o/; dan vokal rendah, yaitu bunyi /a/. Secara horizontal dibedakan adanya vokal depan, misalnya bunyi /i/ dan /e/; vokal pusat, misalnya, bunyi //; dan vokal belakang, misalnya bunyi /u/ dan /o/. Selanjutnya, berdasarkan bentuk mulut dibedakan atas vokal bundar dan vokal tak bundar. Vokal bundar, misalnya bunyi /o/ dan /u/, sedangkan vokal tak bundar, misalnya bunyi /i/ dan /e/. Sekarang, praktikkanlah perbedaan bunyi-bunyi vokal tersebut dalam kata-kata buku, baki, baku, baka; kuda, kado; susu, sisa, sisi!
Konsonan adalah bunyi bahasa yang ketika diucapkan aliran udara memperoleh hambatan.
Menurut Samsuri (dalam  Analisis Bahasa), berdasarkan tempat artikulasi, konsonan dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk, yaitu :
1.  Bilabial, yaitu konsonan yang terjadi oleh gerakan kedua belah bibir, bibir bawah merapat pada bibir atas. Konsonan yang termasuk bilabial ini adalah bunyi /b/, /p/, dan /m/. Bunyi /p/ dan /b/ merupakan bunyi oral, yaitu yang dikeluarkan melalui rongga mulut. Adapun /m/ adalah bunyi nasal, yakni bunyi yang dikeluarkan melalui rongga hidung. Praktikkanlah konsonan dalam kata-kata asam, asap, adab.
2.  Labiodental, yakni konsonan yang terjadi pada gigi bawah dan bibir atas; gigi bawah merapat pada bibir atas. Konsonan yang termasuk labiodental adalah bunyi/f/ dan /v/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata sifat, dan televisi.
3.  Laminoalveolar, yaitu konsonan yang terjadi pada daun lidah dan gusi; Posisi daun lidah menempel pada gusi. Konsonan yang termasuk laminoalveolar adalah bunyi /t/ dan /d/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata tekad dan dekat.
4.  Dorsovelar, yakni konsonan yang terjadi pada pangkal lidah dan langit-langit lunak.  Konsonan yang termasuk dorsovelar adalah bunyi /k/ dan /g/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata kaku dan gagu.

Selanjutnya, berdasarkan cara artikulasinya atau hambatan terhadap arus udara, konsonan dapat dibedakan sebagai berikut.
1. Hambat (letupan),  terjadi jika artikulator menutup sepenuhnya aliran udara sehingga udara terhambat di belakang tempat penutupan itu. Kemudian, penutupan itu dibuka tiba-tiba dan menyebabkan terjadinya letupan. Konsonan letupan,  antara lain bunyi /p/, /b/, /t/, /d/, /k/, dan /g/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata siap, kirab, adat, abad, sepak, dialog.
2. Geseran,  terjadi jika artikulator membentuk celah sempit sehingga udara yang melaluinya mendapat gangguan. Konsonan yang termasuk geseran antara lain bunyi /f/, /s/, dan /z/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata fasih, usus, zat.
3. Paditan,  terjadi jika artikulator aktif menghambat sepenuhnya aliran udara, lalu membentuk celah sempit. Adapun konsonan yang termasuk paditan, antara lain bunyi /c/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata cacat, kaca, cara.
4. Sengauan  atau  nasal,  terjadi jika artikulator menghambat sepenuhnya aliran udara melalui mulut, tetapi membiarkannya keluar melalui rongga hidung dengan bebas. Contoh konsonan nasal adalah bunyi /m/, /n/, dan /ñ/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata kusam, makan, menyendiri.
5. Getaran  atau  trill,  terjadi jika artikulator melakukan kontak beruntun sehingga getaran bunyi itu terjadi berulang-ulang. Contohnya adalah konsonan /r/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata rusak, barak, bakar, transaksi
6. Sampingan atau lateral, vterjadi jika artikulator menghambat aliran udara pada bagian tengah mulut, lalu membiarkan udara keluar melalui samping lidah. Contohnya adalah konsonan /l/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata lilin, siul
7. Hampiran  atau aproksiman, terjadi jika artikulator membentuk ruang yang mendekati posisi terbuka seperti dalam pembentukan vokal, tetapi tidak cukup sempit untuk menghasilkan konsonan geseran. Oleh karena itu, bunyi yang dihasilkan sering juga disebut semivokal. Di sini hanya ada dua buah bunyi, yaitu /w/ dan /y/. Praktikkanlah konsonan tersebut dalam kata-kata wahyu, yoyo, bawa!

Dalam berbahasa orang seringkali terpengaruh fonem bahasa ibu (bahasa daerah). Bahkan, penggunaannya pun terkadang tidak disadari. Misalnya, orang yang berbahasa ibu bahasa Sunda sering mengucapkan kata Sabtu menjadi /Saptu/, orang yang berbahasa ibu Jawa seringkali mengucapkan kata Bandung menjadi /mBandung/. Nah, adakah contoh-contoh lainnya? Ayo, sebutkan dan perhatikan lafalnya!