|
Kelas
/ SEMESTER
|
: VII / I
|
Standar Kompetensi: Mendengarkan
1. Memahami wacana
lisan melalui kegiatan mendengarkan
berita
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
ASPEK
|
KRITERIA PENENTUAN SKBM
|
K
K
M
|
|||||||
mendengar
|
berbicara
|
membaca
|
menulis
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake Siswa
|
|
||||
1.1. Menemukan
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
· Mampu
menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
· Mampu
menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
· Mampu
menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
|
V
|
|
|
V
V
|
75
70
65
|
70
75
70
|
60
67
70
|
69
69
68
|
||
1.2.Menuliskan kembali berita
yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
· Mampu
menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
· Mampu
menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
|
V
|
|
|
V
|
70
65
|
65
67
|
70
68
|
70
67
|
69
67
|
Standar Kompetensi: Berbicara
2.
Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan
menyampaikan pengumumam
2.1 Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat efektif
|
· Mampu
mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan
· Mampu
menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui
tanya jawab
· Mampu
menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok
rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat
efektif
|
|
V
V
|
|
V
V
|
|
65
66
74
|
68
68
70
|
73
73
75
|
63
70
63
|
67
69
71
|
2.2
Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
|
· Mampu
menentukan pokok-pokok pengumuman
· Mampu
merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang
tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
V
V
|
V
|
V
|
|
68
69
65
|
70
70
67
|
76
75
70
|
70
65
65
|
71
70
67
|
Standar Kompetensi :
Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1
Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan
konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
· Mampu
menemukan tema secara cepat dan tepat
· Mampu
menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang
diinginkan
|
|
|
V
v
|
|
|
80
73
|
55
66
|
70
73
|
65
65
|
68
69
|
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
o
Mampu membaca cepat 200 kata per menit
o
Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan
yang disediakan
o
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai
pokok-pokok bacaan
|
|
V
|
v
|
V
v
|
|
83
80
80
|
55
57
53
|
87
72
75
|
50
52
50
|
69
65
65
|
3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
· Mampu
mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
o
Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera
dengan intonasi yang tepat
|
v
|
|
V
v
|
|
|
62
75
|
70
70
|
72
70
|
73
70
|
69
71
|
Standar Kompetensi :
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran
dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang ekspresif
|
·
Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam
suatu hari!
·
Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan
bahasa yang ekspresif!
|
|
|
|
V
v
|
|
70
70
|
70
65
|
70
58
|
70
74
|
70
67
|
4.2
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
·
Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi
dengan surat resmi
·
Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang
komunikatif
·
Mampu menyunting surat
|
|
|
V
v
|
V
v
|
|
71
65
75
|
70
70
65
|
73
75
68
|
65
72
65
|
70
71
68
|
3.
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
o
Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
o
Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif
o
Mampu menyunting teks pengumuman
|
v
|
|
V
v
|
V
v
|
|
70
80
80
|
52
55
69
|
70
80
70
|
63
63
65
|
64
70
71
|
Standar Kompetensi :
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik
dari dongeng yang diperdengar kan
|
· Mampu
menemukan ide-ide menarik dalam
dongeng
· Mampu
merangkai ide-ide menarik menjadi
hal-hal menarik dari dongeng
|
|
|
v
|
v
|
|
65
68
|
70
56
|
67
73
|
65
65
|
67
66
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang
diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
· Mampu
menemukan isi di dalam dongeng
· Mampu
merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
v
|
V
|
v
|
v
|
|
80
68
|
70
67
|
70
71
|
63
63
|
71
67
|