Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan
intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang
keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa
diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang
lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang
menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis
dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi
terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan
hasil intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
daan kesastraan di sekolah;
5.
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis
2.
Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
negara
3.
Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan
4.
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2
Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat efektif
2.2
Menyampaikan
pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang
lugas dan sederhana
|
Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan
berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks
yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3
Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan
bahasa
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan
benar
|
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2
Menunjukkan
relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Berbicara
6.
Mengeskpresikan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita
dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
|
Membaca
7.
Memahami
isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2
Mengomentari
buku cerita yang dibaca
|
Menulis
8. Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui
pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat
pantun
8.2
Menulis kembali dengan bahasa sendiri
dongeng yang pernah dibaca atau
didengar
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9.
Memahami
wacana lisan melalui kegiatan wawancara
|
9.1 Menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
dalam wawancara
9.2 Menuliskan
dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Berbicara
10.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi
cerita dan bertelepon
|
10.1 Menceritakan
tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
10.2 Bertelepon
dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca
intensif dan membaca memindai
|
11.1 Mengungkapkan
hal-hal yang dapat diteladani dari buku
biografi yang dibaca secara intensif
11.2
Menemukan
gagasan utama dalam teks yang dibaca
11.3
Menemukan
informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
|
Menulis
12.
Mengungkapkan
berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
|
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan
memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis
pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa
yang santun
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13.
Memahami
pembacaan puisi
|
13.1 Menanggapi
cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
|
Berbicara
14.
Mengungkapkan
tanggapan terhadap pembacaan cerpen
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan
latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
|
Membaca
15.
Memahami
wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
|
15.1 Membaca
indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang
sesuai dengan isi puisi
15.2
Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik
asli maupun terjemahan
|
Menulis
16. Mengungkapkan
keindahan alam dan pengalaman melalui
kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1 Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari
berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Menyampaikan
laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari
ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
Menemukan
tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
Menyimpulkan
isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,
surat dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat
dan bahasa baku
4.3 Menulis
petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
5.1 Menanggapi
unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi
pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan
naskah yang ditulis siswa
Bermain
peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis
siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat
sinopsis novel remaja
Indonesia
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah
drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9.
Memahami
isi berita dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, di
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
Mengemukakan
kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi
|
Berbicara
10.
Mengemukakan
pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan
penolakan pendapat dalam diskusi
disertai dengan bukti atau alasan
Membawakan acara dengan bahasa yang baik
dan benar, serta santun
|
Membaca
11.
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa
berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
11.3 Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
|
Menulis
12.
Mengungkapkan
informasi dalam bentuk rangkuman, teks
berita, slogan/poster
|
12.1 Menulis
rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis
teks berita secara singkat, padat, dan jelas
12.3 Menulis
slogan/poster untuk berbagai keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13.
Memahami
unsur intrinsik novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi
karakter tokoh novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
Menjelaskan
tema dan latar novel remaja
(asli atau terjemahan) yang
dibacakan
Mendeskripsikan
alur novel remaja (asli
atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Berbicara
14.
Mengapresiasi
kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli
atau terjemahan)
14.2
Menanggapi hal yang
menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel
remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
|
15.1 Menjelaskan
alur cerita, pelaku, dan latar novel
remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi
puisi
|
Menulis
16.
Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas
|
16.1 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis
puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami
dialog interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio
|
1.1 Menyimpulkan
isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
1.2 Mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
|
2.1 Mengkritik/memuji
berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan
menggunakan kalimat yang jelas
|
Membaca
3. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
3.1 Membedakan
antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca
intensif
3.2 Menemukan
informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan
baris, resensi, dan karangan
|
4.1 Menulis
iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
4.2 Meresensi
buku pengetahuan
4.3 Menyunting karangan dengan
berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana sastra jenis syair
melalui kegiatan mendengarkan syair
|
5.1 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
Menganalisis
unsur-unsur syair yang diperdengarkan
|
Berbicara
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain
|
6.1 Menceritakan
kembali secara lisan isi cerpen
6.2 Menyanyikan
puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan
suasana/irama yang dibangun
|
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan
membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
7.1 Menemukan
tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
|
Menulis
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan,
dan pengalaman dalam cerita pendek
|
8.1 Menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
Menulis
cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami
isi pidato/khotbah/ceramah
|
9.1 Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
Memberi
komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
|
Berbicara
10.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam
pidato dan diskusi
|
10.1 Berpidato/
berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume
suara yang jelas
Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
Membaca
11.
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat
|
11.1 Menemukan
gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
11.2 Mengubah
sajian grafik, tabel, atau bagan
menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 200 kata per menit
|
Menulis
12.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat
pembaca
|
12.1 Menulis
karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis
teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis
surat pembaca tentang lingkungan sekolah
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13.
Memahami
wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
|
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang
dibacakan
|
Berbicara
14.
Mengungkapkan
tanggapan terhadap pementasan drama
|
14.1 Membahas
pementasan drama yang ditulis siswa
14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh
siswa
|
Membaca
15.
Memahami
novel dari berbagai angkatan
|
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang
terdapat dalam buku novel angkatan 20-30
an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
Menulis
16. Menulis
naskah drama
|
16.1 Menulis
naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan
peristiwa nyata
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.