Wednesday, May 16, 2012

KKM Bahasa Indonesia kelas VII


KRITERIA  KETUNTASAN MINIMAL
 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


KKM : 70         

 
 

Kelas / SEMESTER
 : VII / I

Standar Kompetensi: Mendengarkan
1.  Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita

Kompetensi Dasar 
Indikator

ASPEK

KRITERIA PENENTUAN SKBM
K
K
M
mendengar
berbicara
membaca
menulis
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake Siswa

1.1. Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan






·   Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Mampu menyarikan  pokok-pokok  berita menjadi isi berita
·   Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.


V











        V
        V
75

70
65
70

75
70
60

67
70
69

69
68

                                                          1.2.Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

·   Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi
·  Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat
V


      

    
        V

70


65
65


67
70


68
70


67
69


67




Standar Kompetensi: Berbicara
                                        2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

·   Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang me­nge­sankan
·   Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya ja­wab
·   Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif




V

V

        V

       V

65

66

74
68

68

 70
73

73

75
63

70

63
  67

  69

   71
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

·   Mampu menentukan  pokok-pokok pengumuman
·   Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman
·    Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana





V


V
V

          V
        

68
69

65
 70
 70

  67
76
 75

 70
70
65

65
   71
   70

   67

Standar Kompetensi      : Membaca
                                                 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca


3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

·   Mampu menemukan tema secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan



V
    
         v


80

73

55

66
70

 73
65

65
  68

   69
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

o Mampu membaca cepat 200 kata per menit

o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

o    Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan



V
v


        V

        v


83

80

80
55

 57

  53
87

 72

 75
50

52

50
   69

   65

    65

3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

·   Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara



o    Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat
v

V



v


62



75
70



  70
72



 70
73



70
   69



   71


Standar Kompetensi      : Menulis
          4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang ekspresif

·         Mampu menuliskan pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!


·         Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!




         V



         v

70



70
70



65
70



 58
70



74
  70



   67
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

·         Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·         Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
·         Mampu menyunting surat






V



v


        V

        v

71

65

75
70

 70

 65
73

75

 68
65

72

65
   70

   71

   68
3. Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

o    Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman
o    Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
o    Mampu menyunting teks pengumuman

v

V


v

        V

         v
       

70
80

80
52
 55

 69
70
 80

 70
63
63

65
  64
  70

   71

Standar Kompetensi      : Mendengarkan
                                                 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan



5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·   Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng

· Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng


v


         v

65

68
70

 56
67

 73
65

65
67

66


5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang


·   Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·   Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

v


V
v


         v

80

68
70

 67
70

 71
63

63
  71

  67