Rabu, 16 Mei 2012

RPP Berkarakter Bidang Studi Bahasa Indonesia SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   SDN 002 Sukajadi
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :  IV / I
Waktu                    :   2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.  Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi    Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
§  Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
§  Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
§  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.    Materi Pokok
§  Gambar / Denah
 
E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
§  Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
§  Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-       Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan
            Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke kiri. Susuri  pasar sampai mencapai jalan raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
F Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang  dibuat sendiri.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membuat gambar / denah

Tertulis dan penam-pilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
·  Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!


§  Gambar denah buatan sendiri    
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kesesuaian gambar
     dengan petunjuk
     yang dibacakan.
2.  Tanda penunjuk arah
     ke sebuah lokasi Bu-
     mi Perkemahan



§  Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
Hasil / Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian



H.    Sumber / Alat
§  Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
§  Gambar Denah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sopan/baik
* kadang-kadang Sopan/baik
* tidak Sopan/baik
4
2
1

4
2
1

4
2
1
&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
 NIP :                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :           ..................................
Mata Pelajaran          :           Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         :           IV / I
Tema                          :           Peristiwa
Alokasi Waktu           :           4 x 35 menit 

A.    Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

B.     Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§  Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi
§  Lambang

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§  Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§  Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
§  Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran:
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menjelaskan secara lisan arti lambang
Tertulis, penampilan
Uraian dan Lembar observasi
·  Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
·  Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !

No.
Unsur Penilaian
Nilai
Keterangan
1.

2.

3.

4.
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya


H.    Sumber / Bahan
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
§  Lambang Pramuka/Tunas Kelapa

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



          ..................................                                            ..................................
   NIP :                                                                   NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                   :   ..................................
Mata Pelajaran      :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester     :  IV / I
Waktu                    :  4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
       2.  Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat

B.     Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
§  Siswa dapat Mengamati gambar denah
§  Siswa dapat Menjelaskan tempat berdasarkan denah

v Karakter siswa yang diharapkan :    Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

D.    Materi Pokok
§  Denah lokasi

E.     Kegiatan Pembelajaran
§  Menjelaskan tempat sesuai denah secara tertulis
§  Menjelaskan denah secara lisan.
§  Menjelaskan denah menuju rumah

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
§  Kegiatan Awal
Apersepsi  dan Motivasi :
-       Siswa diajak mengamati denah yang dipajang di papan tulis. ( Lihat Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 3 )
-       Tanya jawab sekitar denah.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa berdiskusi kelompok membicarakan arah yang harus dilalui Sugi jika ingin ke rumah Nugie .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan hasil diskusi kelompok tentang arah perjalanan Sugi menuju rumah Nugie  dengan kalimat yang runtut.



       Rumah Sugi di Jalan ______________ Dari jalan itu belok ke ___
______________ ke Jalan _______________. Berjalanlah terus sam-pai bertemu _______________. Dari ____________ beloklah ke ____
___________  ke Jalan ____________ . Nah, di jalan itulah rumah Nugie .
 
 








F Salah seorang anggota masing-masing kelompok diminta menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie  dari rumah Sugi di depan kelompok lain.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta membuat denah perjalanan menuju rumah masing-masing dari sekolah.
F Siswa diminta membacakan denah yang dibuatnya sendiri di depan kelas.

G.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Mendeskrifsikan tempat sesuai denah
Tertulis dan pe-nampilan
Uraian
·  Jelaskan tempat berdasarkan denah!



§  Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie  dari rumah Santi.
Aspek Penilaian
Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian



§  Penjelasan siswa tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian
Nilai
Keterangan
1.  Kejelasan ucapan
2.  Kewajaran intonasi
3.  Keberanian



H.    Sumber / Alat
§  Buku Bina Bahasa Indonesia 4A

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar